Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Penting Gak Sih?

Dulu, waktu gue masih SMP gue pengen banget masuk PTN, keliatan keren aja gitu menurut gue. Gue pengen banget masuk UNJ, IPB, ITB, UNPAD dan yang lainnya. Ya emang sih itu favorite semua, cuma berandai-andai gak masalah kali ya. HAHAHA.

Tapi semenjak SMA gue malah mikir, beneran penting gak sih masuk PTN? Banyak pro dan kontranya sih. Sebagian orang bakalan bilang "Ya penting lah untuk ngelamar kerja jadi gampang" nah sebagian orang lagi pasti bakalan bilang "gak penting". Gue sih setuju bahwa masuk PTN itu gak penting-penting banget. Kenapa?

Sekarang udah tahun 2018, banyak banget PTS yang bagus dan lebih bermutu. Kalo dibilang "ya kan negri gratis" BIG NO! Sama sekali gak gratis guys. Ya emang sih, masing-masing pasti punya kelebihan maupun kekurangan. 

Terus gini ya, gue juga bingung sama orang tua yang maksa anaknya masuk PTN. Are you serious? Banyak teman gue yang "dipaksa" orang tuanya harus masuk PTN. Woi lah. Kapasitas orang beda-beda, otaknya juga beda-beda. Ada yang Jenius-Cerdas-Pinter-Standar-Dibawah Standar, harusnya orang tua bisa lebih mengerti kapasitas anaknya.

Sedikit cerita nih, dulu waktu gue mau UN SMA, Orang tua gue support apapun pilihan gue, mereka juga gak maksa gue untuk harus masuk PTN. Mereka bilang mau Negri mau Swasta sama aja sekarang, udah gak kayak dulu, dan gue percaya itu. Dulu, mau masuk PTN susahnya minta ampun dan emang harus berusaha dan berdoa banget. Nah sekarang? Lo punya duit juga bisa masuk PTN. HAHA i'm sorry to say that, but is true.

Kesimpulannya gini, menurut gue masuk PTN itu gak penting-penting amat, karena it depends on yourself. Gimana caranya supaya lo bisa bikin bangga kampus lo sendiri, percuma masuk negri kalo kita gak berkontribusi apa-apa buat kampus. Jadi, mau dimanapun lo kuliah, itu tergantung sama diri lo sendiri, lo sendiri yang bisa bikin kampus lo jadi dipandang bagus sama orang lain.

Jadi, menurut kalian masuk PTN itu penting gak sih?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Move On Paling Mantul🌞

Throwback jaman SMP!! (photos)

Selamat Tinggal.